Bijaklah Bunda…

Bunda yang bijak…

Ada saatnya Nanda melakukan protes atas pilihan yang telah ayah-bunda tetapkan bagi dirinya. Bijaklah dalam menanggapi protesnya itu. Jangan bersikap reaktif berlebihan, yang akan berakibat fatal bagi kehidupannya kelak.

Bunda, belum tentu Nanda protes atas pilihan ayah-bunda. Bisa jadi, Nanda protes karena tidak diajak bicara mengenai pilihan tersebut, sehingga ia merasa terpaksa menerimanya. Bisa jadi juga, Nanda protes┬ákarena kurang berkenan dengan ┬ácara ayah-bunda┬ámenyampaikan menyampaikan┬ápilihan tersebut. Bisa jadi juga, saat itu perasaan Nanda sedang tidak bagus (bad mood). ┬áTernyata banyak faktor penyebabnya ya Bunda…

Bagaimanapun, anak mempunyai pemikiran sendiri dan ayah-bunda harus ingat hal itu. Anak hanya ingin diajak bicara dan dijelaskan alasan atas pemilihan tersebut, disamping tentunya mereka tetap mempunyai hak untuk menyampaikan pendapatnya.

Jika Nanda telah memasuki usia baligh (dapat menentukan baik dan buruknya sebuah pilihan), maka bebaskanlah dia  untuk mengambil keputusan serta bertanggungjawab atas pilihannya tersebut.

Tugas ayah-bunda, hanyalah memberikan sebanyak mungkin informasi & konsekwensi dari setiap pilihan yang akan diambil oleh Nanda. Selanjutnya, serahkan pada mereka untuk menentukan pilihannya dan tugas kita hanya sebagai fasilitator & pemantau jika ternyata Nanda mengalami kesulitan yang akhirnya tak mampu diatasinya…

=========

*sekedar inspirasi tuk para bunda

Iklan

Semua berawal darimu, Bunda….

abufahri.wordpress.com

Semua berawal darimu, Bunda!

Saat dirimu menentukan calon ayah bagi anak-anakmu kelak, pernahkah terpikir sosok ayah ideal yang Bunda impikan? Ataukah dirimu hanya terhanyut oleh cinta buta semata?

Bunda, bibit yang baik tentunya berasal dari benih yang baik. Bibit yang baik akan tumbuh dan berkembang di lahan yang baik. Bunda laksana ladang. Maka, persiapkanlah dirimu menjadi ladang yang baik, bagi benih yang baik.

Sebagaimana Allah swt telah menetapkan bahwa lelaki yang baik disediakan hanya untuk wanita baik-baik (qs. an nuur:26)

Jika Bunda terlanjur memilih ayah yang dirasa kurang baik, introspeksilah diri dan berusahalah untuk menjadi yang terbaik. Insya Allah, keadaan kan membaik…

*sekedar inspirasi tuk para bunda